Sabtu, 25 Maret 2017

Cuci Lap Tangan Jika Anda Ingin Sehat

Cuci Lap Tangan Jika Anda Ingin Sehat

Cuci Lap Tangan Jika Anda Ingin Sehat - Lap tangan umum dipakai buat menyiapkan makanan, memasak, atau mengeringkan tangan di dapur.
desyifa

Hanya, yg jadi pertanyaan. Kapan terakhir mengganti atau mencuci lap tangan di dapur?

Sebenarnya sungguhlah penting buat memperhatikan kebersihan lap yg umum dipakai buat mengeringkan ini.

Sumber gambar: Piksabay.com

Terkerap dipakai buat mengeringkan tangan yg basah sesudah mencuci tangan.

Hal itu penting sebab lap yg bersih bakal bisa menurunkan resiko dari kontaminasi bactery E coli ke makanan saat menyiapkan makanan.

Apalagi lagi saat menyiapkan makanan bayi, termasuk Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) buat bayi berusia 6-12 bulan.


Perlu diketahui bahwa mencuci tangan dengan memakai sabun, ditambah lagi dengan air yg mengalir, itu belum lah bisa maksimal buat memutus kontaminasi bactery Escherichia coli (E coli) jika lap yg dipakai buat mengeringkan tangan tak bersih.

Karenanya, kaum ibu sungguh disarankan memperhatikan kualitas kebersihan lap yg sehari-hari dipakai buat keperluan menyiapkan makanan.

Hal tersebut sebab telah jadi kebiasaan dalam rumah tangga, baik itu di kota kecil maupun pedesaan buat memakai lap dalam membersihkan tangan.

Sayangnya, lap yg dipakai bukan "single use" yg berarti seluruh anggota keluarga ikut memakainya. Satu lap tangan buat banyak orang.

Hal tersebut berbeda dengan penggunaan tisu yg bakal dapat langsung buat dibuang sesudah sekali dipakai.

Kebiasaan penggunaan lap buat membersihkan tangan berkali-kali & jarang dicuci, jadi problem yg banyak diremehkan. Sebab tak sedikit orang yg malas mencuci lap.

Lap kain dapat dengan gampang terkontaminasi kuman yg bisa mengakibatkan penyakit, yg terrentan yakni disebarkan lewat kontaminasi dari daging mentah atau lainnya.

Sehingga penting selalu diingat, supaya bisa meminimalisir kemungkinan makanan dari terkontaminasi bactery E coli maka sungguh disarankan buat mencuci lap tangan di setiap harinya.

Cara mencuci lap tangan
Sebenarnya mencuci lap tangan sungguhlah gampang, dapat dengan memakai sabun cuci piring. Namun dalam keadaan tertentu butuh pembersuhan ekstra.

Seperti bila berharap mencuci lap di dapur bekas terserang minyak goreng & semacamnya. Bila kita hanya merendam lapnya seperti umum, tetap saja minyak masih berasa di tangan saat lap dipegang, & kotoran juga sulit terangkat.
loading...

Karenanya butuh tips ekstra bila berharap mencuci lap yg telah terserang minyak, cara mengolahnya yakni:
  1. Cucilah lap kotor dengan sabun pencuci piring.. yg pungsinya buat menghilangkan minyak di kain lap, supaya tak terlalu berminyak & kotoran jadi gampang terangkat saat pencucian selanjutnya
  2. Panaskan air dalam panci di sampai agak panas.
  3. Sesudah air mendidih pindahkan ke dalam ember atau baskom besar buat merendam kain lap yg sebelumnya sudah dihilangkan dari minyak membandel.
  4. Berikan deterjen pencuci baju di ember atau baskom ini buat merendam lap kotor.
  5. Biarkan terendam selama 30 minute.
  6. Sesudah itu baru bilas dengan air besih buat menghilangkan bekas busa sabun deterjen.
  7. Lalu jemur lap sampai kering.


Dengan tips tersebut dijamin lap yg sungguh kotor terserang minyak, bakal jadi besih kembali.

Cara supaya bactery dalam lap dapur tak menyebar
Menurut penelitian para ahli, menemukan bahwa lap dapur merupakan tempat yg terbanyak ditumbuhi bactery seperti E coli & lainnya, selain wastbuah apel & toilet.

Agar bactery tak menyebar ke seluruh benda lewat lap dapur, berikut tips mengobatinya:

Bedakan lap buat piring & tangan
Sebagian besar bactery yg ditemukan dalam dapur berasal dari kedua tangan. supaya piring bersih & tak terkontaminasi kuman & bactery, siapkan dua jenis lap di dapur.

Untuk megampangkan, pilih dua warna yg berbeda, sehingga membantu keluarga mengetahui di mana mereka mesti mengeringkan tangan atau piring sesudah dicuci.

Siapkan lap khusus buat bersihkan sisa daging
Bactery berbahaya yg terdapat dalam daging dapat menyebar ke makanan lain atau pun tangan kita lewat lap dapur.

Bactery pun banyak ditemukan di daging ayam sebab umumnya dagin ini dicuci dengan air klorin sebelum dijual ke supermarket.

"Tidak boleh sepelekan bactery yg terdapat di daging ayam," kata Aleksandra Jissu, seorang penulis 'The Conscious Kitchen'.


Tidak boleh bersihkan wastbuah apel menggunakan lap dapur
Menurut studi dari Universitas Arijona, wastbuah apel pencuci piring merupakan tempat kedua yg banyak memiliki kandungan bactery sesudah toilet.

Sehingga pakai spons atau lap kertas (bukan lap piring) buat membersihkan wastbuah apel. Sesudah wastbuah apel kita bersih, cuci spons dengan cara keseluruhan buat membunuh bactery berbahaya.

Tidak boleh letakkan lap tangan di meja dapur
Tidak boleh letakkan lap pengering tangan di atas meja dapur. Ingat, bactery tumbuh di berbagai tempat lembab & lap tak mengering dengan cepat.

Bila menaruh kain lap di atas meja, kita tak tahu apakah kuman yg terdapat di tumpahan daging, produk pembersih, atau susu, berpindah ke lap ini.

Sebaiknya gantungkan lap dapur basah di kail atau paku.


Cuci Lap Tangan Jika Anda Ingin Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar